I'm finally waking up, a twist in my story
It's time I open up, and let your love right through me.
That's what you get
When you see your life in someone else's eyes

Let me introduce you my hobby

Ya sesuai judul dari posting ini, gw akan bercerita tentang salah satu hobi gw, Papercraft. Well some of you maybe already knew about papercraft. But let me explain for someone who doesn't. Papercraft sesuai arti terminologinya, paper = kertas, craft = keahlian dalam membuat/membentuk, tapi artinya bukan berarti keahlian membuat kertas, tapi membuat atau membentuk kertas menjadi suatu model. Nama lain papercraft adalah papermodel, dan orang yang membuatnya disebut papermodeller atau papercrafter.

Saudara dekat dari papercraft ini adalah origami sama card model. Kalau soal origami pasti sudah pada tahu donk, ya seni melipat kertas ini berasal dari Jepang, dulu waktu di TK atau SD kita sering membuatnya. Bedanya dengan papercraft, origami tidak membutuhkan lem dan tidak menggunting kertas yang digunakan (beberapa digunting sih). Kalau card model itu sendiri sudah mirip papercraft, biasanya didapat dari majalah-majalah tertentu. Bedanya dengan papercraft, card model menggunakan card stok (sejenis kertas/karton yang tebal) sebagai bahan utama.

Nah, back to papercraft. Sebenernya seni ini sudah ada sejak lama, namun kepopulerannya masih kalah sama model plastik atau model resin. Waktu pastinya gw sendiri juga kurang tahu, tapi beberapa temen gw sudah menggeluti ini dari dia kecil, ya kira-kira 8-6 tahunan lah. Dan gw sendiri baru menggeluti bidang ini kira-kira setahun yang lalu, diperkenalkan temen gw Raphanus (thx uf for introduce me with this great hobby)

Yang dibutuhkan dalam membuat papercarft ini cukup gampang, yaitu:
1. Cutting mat atau alas tempat kita memotong pattern
2. Pattern model yang ingin kita buat (bisa download dari internet)
3. Alat potong (cutter, gunting)
4. Lem
5. Kesabaran
6. Ketelitian
7. Kopi/susu/teh/ asal jangan bir (gakkan jadi-jadi tuh model)

Buat kamu-kamu yang tertarik di bawah nanti ada beberapa website yang bisa dijadikan tempat pembelajaran membuat papercraft. Disana bakalan dibahas lebih jauh soal tool, sharing pattern, caranya memotong pattern dan lain-lain.

Tips dari gw buat yang baru mau nyoba:
1. Coba dengan pattern yang paling mudah (dalam artian, jumlah halaman yang harus diprint sedikit, part yang harus digabung sedikit).
2. Baca assembling instruction dengan baik

ni link nya

yang ini forum para crafter dan modeller (ada sharing pattern dan tips-tips membuat papermodel):

http://paper-replika.com/
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=869620

yang ini blog yang bagi-bagiin pattern papercraft

http://paperkraft.blogspot.com
http://onepapercraft.blogspot.com

yang ini situs kalau mau belajar papercraft lebih lanjut

http://personal.lig.bellsouth.net/n/8/n8hfi/card-faq/tips.html#s3.1

1 komentar:

buz mengatakan...

woghh.. hobi lama gw ni keren2. Dulu bela-belain fotocopy "Angkasa" temen buat ambil pattern pesawat2 nya he5. Jadi kangen T_T.

Thanks link site papercraftnya bro. Liat-liat dulu ah. hihi

Mengenai Saya

Foto saya
not a person you would like to know

friend