I'm finally waking up, a twist in my story
It's time I open up, and let your love right through me.
That's what you get
When you see your life in someone else's eyes

Fenomena Idul Fitri

Hari ini sama seperti libur lebaran tahun lalu, dipenuhi kemacetan dimana-mana. Beuh sepanjang jalan melintasi jalan Pajajaran di Bogor tadi, gw liat motor, mobil plat B banyak banget, bahkan kalau gw perhatiin, lebih banyak dari plat F yang asli bogor sendiri (except angkot). Banyak juga yang naek mobil pick-up atau truk buat jalan-jalan. Asumsi gw sih pada mau ke puncak, Kebun Raya Cibodas sama Kebun Raya Bogor.


Jadi inget setahun yang lalu, tante gw beserta keluarga yang lain ngajakin jalan-jalan ke Kebun Raya Cibodas. Busyet ramenya minta ampun, dari mulai berangkat, di dalam Kebun Rayanya, ampe pas pulang. Parahnya lagi pas pulang sejam gw cuman jalan setengah kilometer (can u believe it).

Segini masih yang di kota-kota jabotabek. Kebayang yang mudik ke daerah Jawa. Untungnya dari kecil gw gak pernah mudik, secara anak betawi asli, dan keluarga gw semua ngumpul di Jabotabek. Tadi aja gw denger diperkirakan arus balik mudik bakalan mencapai 150 ribu kendaraan. wakssss, ngitung ampe 1000 aja gw udah pusing.

Selain macet, kejadian lain yang paling sering terjadi kalau kondisi kayak gini gak lain adalah kecelakaan. Semua pada buru-buru mau pulang, gak peduliin sekitar, eh malah berakhir di rumah sakit, mending kalau masuk rumah sakit, kalau......Astagfirullah dah.

Tapi sebenernya kagak bisa nyalahin masyarakat yang mau mudik atau liburan sih. Hak mereka kan. Justru gw salut sama mereka, terutama yang mudik. Mereka pasti punya rasa rindu ama sayang kampung halaman dan orang tua yang gede banget. Bayangin aja, tiap tahun mereka rela macet-macetan, nyewa mobil, beli oleh-oleh, desak-desakan ngantri karcis kereta ama bus, ngadepin resiko dihipnotis, kecelakaan, dicopet, dan lain-lain. Kalau gw??? Hmm gak tau sanggup apa gak, mungkin dua tahun sekali.

Aniwei, safe trip aja buat yang mo liburan atau balik ke kota asal. Inget masih ada lebaran tahun depan kalau ente gak kecelakaan sekarang.


2 komentar:

EnO's LifE StoRy mengatakan...

hapsariwdH kyNya udah jadi budaya indonesia "fenomena idul fitri"..apa tradisi y?

Maz bow mengatakan...

mmmmm Cibodas... Dah 4 tahun ga Ksana... Masih Bagus ga Brow tempatnya???

Mengenai Saya

Foto saya
not a person you would like to know

friend